Tugas 7 - Perilaku Konsumen E- Retail, Jenis - Jenis Promosi, Perbedaan Web Browser & Search Engine


.PERILAKU KONSUMEN RITEL  

            Beberapa tahapan  dalam proses belanja pelanggan adalah sebagai berikut: 
      1.      Mengenalkan kebutuhan
Proses belanja muncul ktika orang-orang menyadari bahwa mereka mempunyai suatu kebutuhan yang tidak terpuaskan. Sehingga, kebutuhan ini muncul ketika seorangan pelanggan ingin meningkatkan kepuasan yang berbeda dengan tingkat kepuasan yang dirasakan saat ini.
       2.      Pencarian informasi
Segera setelah pelanggan mengidentifikasi suatu kebutuhan, yang mungkin mencari informasi tentang suatu ritel atau produk untuk membantu mngcukupi kebutuha mereka. Hal yang perlu dipertimbangkan dalam pross pencarian informasi oleh pelanggan antara lain :
    o   Jumlah informasi yang dicari
Faktor yang mempengaruhi jumlah informasi yang dicari meliputi ;
-          Sifat dan penggunaan produk yang dibeli. Jika sifat dan kegunaan produk sangat kompleks dan pribadi, biasanya jumlah informasi yang dibutuhkan akan semakin banyak.
-          Karakteristik pribadi pelanggan. Pelanggan yang sangat berhati-hati, hemat dan memiliki rencana pengeluaran yang lebih cermat, biasanya membutuhkan lebih banyak informasi dibandingkan dengan pelanggan dengan karakteristik sebaliknya.
-          Aspek pasar dan situasi dimana belanja tersbut berlangsung. Merupakan faktoe lingkungan yang bersifat eksternal dan berada diluar kontrol pelanggan.
    o   Biaya pencarian informasi
Aktivitas pencarian informasi tidak terlpas dari pengorbanan yang harus ditanggung oleh konsumen dalam bentuk waktu maupun uang. Apabila konsumen harus brkeliling dari satu toko ketoko lain untuk mendapatkan informasi, maka dibutuhkan pengorbanan dalam wujud biaya seperti biaya transportasi dan biaya parkir maupun pengobanan dalam wujud lain yaitu waktu dan tenaga yang dikeluarkan bila pencarian guna pencarian informasi tersebut.
    o   Sumber informasi
Sumber informasi internal, adalah informasi dalam ingatan pelanggan seperti nama, gambaran, dan pengalaman masa lalu pelanggan dalam melakukan aktivitas belanja yang dilakukan pada toko yang berbeda. Sumber informasi eksternal, adalah informasi yang berasal dari luar ingatan pelanggan, misalnya dari iklan dan orang lain. Pelanggan melihat beratus-ratus iklan melalui berbagai media cetak maupun elektronik sekaligus tanda dari beragam gerai ritel setiap harinya. Selain itu, pelanggan juga mendapatkana informasi tentang produk dan ritel dari para teman dan anggota keluarga.
      3.      Mengurangi pencarian informasi
Tujuan ritel dalam tahap pencarian informasi pada proses belanja adalah untuk membatasi dan mengarahkan agar pelanggan melakukan pencarian informasi ke toko atau situs web secara langsung. Kondisi dimana pelanggan masih terus mencoba mencari informasi pada toko yang lain akan membuka peluang bagi toko tersebut untuk membujuk pelanggan mlaksanakan transaksi pembelian. 
      4.      Evaluasi atas berbagai alternatif
Setelah mempertimbangkan berbagai faktor sebagai hasil dari proses pencarian informasi, pelanggan berada pada tahap mengevaluasi alternatif-alternatif yang telah ditetapkan pelanggan. Terdapat model yang dapat dipergunakan sebagai sarana dalam menetapkan dan mengevaluasi berbagai alternatif tersebut yaitu model multiatribut.
Model multiatribut merupakan model yang menyediakan suatu cara yang bermanfaat untuk mringkas bagaimana pelanggan mnggunakan informasi yang mereka miliki tentang berbagai alternatif, mengevaluasi alternatif tersebut, dan memiliki apa yang terbaik untuk memuaskan kebutuhan mereka. Beberapa tahapan yang harus dilalui dalam model multiatribut adalah;
        o   Kepercayan pada toko terkai dengan kinerja manfaat
Contohnya seorang profesioalwanita muda dengan status lajangyang memerlukan barang-barang kelompok makanan dan minuman. Pikirkan keputusan pilihan toko yang dihadapi pelangan tersebut ketika memerlukan barang-barang makana dan minuman. Dia sedang mempertimbangkan tiga buah ritel, yaitu supercentre dibagian pinggiran kota,supermarket lokal, dan sebuah ritel bahan makanan dengan internet.
JENIS – JENIS PROMOSI
Promosi bertujuan menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk  serta mengingatkan pelangggan tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Intinya promosi memperkenalkan atau menginformasikan kepada konsumen bahwa saat ini ada produk baru yang tidak kalah dengan produk yang lama. Setelah konsumen mengetahui produk yang baru, diharapkan konsumen akan terpengaruh dan terbujuk sehingga beralih ke produk tersebut. Dan pada akhirnya, perusahaan hanya sekedar mengingatkan bahwa produk tersebut tetap bagus untuk dikonsumsi. Dalam melakukan promosi agar dapat efektif perlu adanya bauran promosi, yaitu kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.
Ada empat jenis kegiatan promosi, antara lain :
1. Periklanan (Advertising)
Bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Periklanan menawarkan suatu produk kepada konsumen dengan cara mengemukakan alasan supaya membeli
2. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)
Bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian atau  kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada, oleh seorang wiraniaga/salesperson. Dengan adanya kontak langsung antara wiraniaga dan konsumen, maka terjadilah komunikasi dua arah.
Tugas seorang wiraniaga adalah sebagai berikut :
Memberikan informasi produk kepada konsumen
Menjelaskan manfaat produk kepada konsumen
Menjawab pertanyaan/argumentasi dari konsumen
Mengarahkan konsumen agar terjadi transaksi
Memberikan pelayanan purna jual
Sifat-sifat penjualan tatap muka adalah sebagai berikut :
Personal atau adanya kontak langsung dengan konsumen
Tanggapan langsung atas pertanyaan/reaksi konsumen
Mempererat hubungan dengan konsumen, apabila sikapnya memuaskan
Biaya operasionalnya cukup tinggi
3. Publisitas (Publisity)
Bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah) atau merupakan usaha untuk merangsang permintaan dari suatu produk secara non personal yang bersifat komersial. Tentang produk tersebut di media cetak dan media elektronik, maupun hasil wawancara yang ditampilkan dalam media tersebut. Cara ini sangat baik untuk memperkenalkan perusahaan atau produk yang dihasilkan, karena publisitas dapat mencapai pembeli yang potensial yang tidak dapat dicapai dengan advertensi dan personal selling.
4. Promosi Penjualan (Sales promotion)
Bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Promosi penjualan menawarkan suatu produk dengan cara memberikan perangsang supaya membeli. Perangsang ini bisa berupa uang, barang atau pelayanan tambahan lainya yang biasanya tak disertakan bersama produk tersebut.
Perbedaan Antara Web Browser dan Search Engine

Apa itu Web Browser ?
Secara teknis adalah software atau perangkat lunak, yang digunakan untuk menampilkan data yang kita akses pada dunia maya ke dalam komputer kita . Contoh Web Browser : Google Chrome, Mozzila Firefox, Opera Mini, Safari, Microsoft Edge, dll.
Web browser biasanya sudah bundling langsung dengan search engine bawaanya, contoh Chrome dengan search engine nya Google dan Microsoft Edge dengan bing sebagai search enginenya.

Cara Kerja Web Browser :
​Pengguna membuka Web Browser
Pengguna mengetikan Alamat sebuah website dengan lengkap
Server akan mengirimkan data menggunakan konektivitas internet
Data yang diakses akan tampil pada halaman Web Browser si pengguna.
Apa itu Search Engine ?
​Banyak digunakan untuk mencari informasi - informasi tertentu berbasis kata kunci atau keyword. Ketika pengguna mengetikan sebuah kata kunci pada Web Browser secara otomatis Search Engine akan bekerja, namun jika pengguna mengetikan sebuah alamat URL jelas maka Web Browser lah yang langsung bekerja. Contoh Search Engine: Google, Ask, bing, msn, yahoo,dll.
Sebagai contoh ketika anda ingin mencari sebuah informasi mengenai harga sebuah komputer maka anda akan menuliskan kata kunci pencarian seperti " harga komputer terbaru 2017", kemudian search engine akan melakukan pencarian berdasarkan kata kunci yang anda tulis dan menampilkan hasil dari website yang berkaitan kuat dengan kata kunci tersebuung dengan search engine bawaanya, contoh Chrome dengan search engine nya Google dan Microsoft Edge dengan bing sebagai search enginenya.
www.undhirabali.ac.id

Komentar

Postingan Populer